Cerdas Finansial

Hari ini saya agak padat agendanya. Pagi hari interview kandidat guru untuk Robokidz cabang kedua. Mendengar curhat positif anggota tim di Robokidz cabang pertama. Disusul menemui partner kerja di SoftwareKantor (bergerak dibidang security jaringan, komputer, dan data).

Diantara kepadatan tersebut hal paling menarik adalah ketemu partner SoftwareKantor. Bagaimana bisa menarik ?

Dipikiran saya selalu berkecamuk bahwa anak anak muda pasti mengenal instrument-instrument keuangan. Instrument ini sangat menunjang investasi bagi masa kini dan masa depannya. Asuransi, perdagangan saham, komoditi emas berjangka, bahkan sekarang ini bitcoin. Bukankah itu pengetahuan umum dimana hampir semua orang mengenalnya ? Hari ini jika tidak mengenal deposito, reksadana, saham, dan berjangka pasti dianggap jadul.

Pernah mendengar Warrent Buffet, George Soros ? Ya, mereka investor di pasar saham. Jika kita tahu mengapa banyak anak-anak muda kelihatan enak banget gaya hidupnya yakni siang makan di restoran, malam bisa ngopi di Caffe, weekday malah bisa piknik ke luar negeri, tahukah anda apa rahasianya ? Ya, salah satunya adalah bermain saham dan jadi investor emas komoditi atau bermain forex. Tentunya masih ada bisnis bisnis lain yang membuat anda free time dan leisure time selagi uang bekerja untuk anda. Namun saya khusus sharing tentang instrument keuangan.

Saat saya sharing kepada dua teman saya partner SoftwareKantor tentang mekanisme perdagangan komoditi emas ternyata mereka belum paham. Oh my God, saya pikir hampir semua anak muda sudah tahu tetapi pikiran saya salah, over estimate. Saya jelasin, jika tidak terbawa emosi maka untuk mendapat uang 1 sd 2 juta rupiah per hari di komoditi emas sangatlah mungkin. Namun memang ada resikonya bila belum paham benar. Persis sesuai prinsip "High risk, high return". Ada beberapa prinsip penting dalam perdagangan komoditi tersebut. Pertama mengetahui teknik kuncian, kedua paham trend pasar dengan baca grafik, ketiga mengetahui penggunaan indikator Support and Resisten, dan keempat memahami perubahan arah ekonomi lewat news yang tersedia dari info info terpercaya.

Waktu tak terasa berputar cepat saat saya sharing tentang pasar komoditi emas. Tiba-tiba sore sudah menjemput. Sayangnya mereka masih agak paham, ya belum paham. Namun mereka tertarik. Saya senang mereka open mind. Anak muda harus terus belajar, jangan ulangi kesalahan generasi sebelumnya. Segera cari uang dan investasikan supaya anda dan generasi setelah anda menikmati dunia.

0 Comments

Leave Your Comment

Hubungi Kami

Chat via Whatsapp

Hubungi Kami

Chat via Whatsapp